Sunday, April 21, 2013

Manfaat dari tanaman Azolla bisa berakibat fatal buat pertumbuhan lele

Seperti kita ketahui bersama bahwa lele merupakan hewan pemakan segala, dan apa yang lele pakan itu sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhannya.

Sehubungan dengan harga pakan yang cukup tinggi, maka para pembudidaya akan memutar otak untuk mencari pakan alternative salah satunya dengan tanaman Azolla.

Pemberian azolla kepada lele bisa berakibat fatal jika teknis pemberiannya salah, dan bisa mengakibatkan pertumbuhan lele menjadi lambat, hal tersebut disebabkan tanaman azolla merupakan tanaman yang kadar airnya tinggi dengan tingkat protein yang rendah.

Alhasil jika lele memakan tanaman tersebut dalam keadaan basah maka lele akan merasa cepat kenyang dan tahan lapar dan jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut maka mengakibatkan pertumbuhan lele akan mengalami gangguan.

Hal ini terjadi karena adanya serat seperti mekanisme kita jika memakan sayuran. Sehingga pakan pelet yang kita berikan justru akan sedikit dimakan oleh ikan lele. Kemudian pemberian azolla secara terus menerus juga kurang baik untuk pertumbuhan ikan. Walaupun ikan akan sehat tapi terkait dengan tinggkat perkembangan justru akan memperlambat. Mengapa hal ini bisa terjadi?? pemberian azolla secara terus menerus dalam keadaan basah menyebabkan ikan lele setiap saat akan terpenuhi kebutuhan pakannya. Saat ikan lele lapar sedikit saja maka azolla akan dimakan sedikit demi sedikit. Dan kita tau azolla basah kandungan proteinnya rendah. Jika ikan lele sudah kenyang hanya dari azolla. Sehingga jika kita memberikan pakan pelet dengan protein tinggi, alhasil pakan pelet kita tidak dimakan. Namun jika kita tangkap dan kita seser ikan kita. Kita akan mendapatkan ikan lele dengan perut yang gendut tapi miskin protein.



Sehingga disimpulkan pemberian azolla dalam bentuk basah kurang baik untuk pertumbuhan,sebaiknya diberikan dalam bentuk kering dengan protein yang tinggi. Namun diberikan ke dalam kolam klinik untuk menampung ikan yang sakit justru bisa sebagai diet yang baik untuk ikan lele. Ikan yang sakit memerlukan hijauan untuk memulihkan pencernaannya. Disinilah peran azolla sebagai pakan ikan yang sedang sakit.

Kesimpulan selanjutnya yaitu pemberian azolla baiknya dilakukan sebelum lele masuk atau perlakuan air kolam ikan selama 3-4 hari. Tujuannya yaitu untuk menetralkan air kolam ikan, menyerap polutan, dan menciptakan pakan alami didalam kolam. Setelah 4 hari dan dirasa air kolam sudah siap, angkat azolla dan pindahkan ke kolam lain, barulah ikan lele kita masukkan ke dalam kolam bekas azolla.

5 comments:

  1. SEDIA AZOLLA,
    Sebagai pakan ternak alternatif juga pupuk untuk sawah dan ladang...
    Harga = Rp. 20.000 per paket(belum Bea Kirim)
    Siap KIRIM SELURUH INDONESIA dan siap COD daerah MADIUN dan SEKITARNYA...
    Minat serius? HUB 08993348711
    Ayo Hijaukan INDONESIA dengan pakan ORGANIK...

    ReplyDelete
  2. jual azolla bandung - telp / what apps : 0896 3650 3911

    sedia bibit azolla pengiriman seluruh NKRI / tanaman paku air per paket per 1kg

    kegunaan azolla :
    - penghijau dan penjernih air kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam semen, taman air
    - pakan alternatif alami ikan gurame, nila, mujair, mas, koi, lele, hias, belut, patin dll
    - pakan alternatif unggas : ayam, bebek, entog, angsa, broiler, pelung, bangkok, buras/kampung dll
    - pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit / kemarau
    - bahan baku pupuk hijau & kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun, lahan gambut jadi sambil berkolam skalian punya stok pupuk sendiri..
    - sebagai alternatif pengurai air limbah / lahan kritis berair sperti : bekas galian c, air tpa sampah, penetral air kolam pemancingan, air selokan limbah industri rumahan tahu /tempe / makanan tradisional
    - penstabil keasaman air / PH dan kadar oksigen terutama kolam buatan : terpal, bak semen, toren cor tebar padat
    - kandungan dan kegunaan lain ny bisa cari di google

    what apps / sms / telp / bbm : (pasti dibales)

    salam hijau dan kembalikan tanah air sebagai mana fungsi nya tanpa bahan kimia..

    * utk cod area bandung raya konfirm sbelum nya
    * transfer via bank BRI, BCA, MANDIRI & BJB menyusul stelah konfirm no rek via sms/ WA / BBM
    * paket dikirim via JNE & pos indonesia

    bisa chek lapak ane di berniaga & kaskus dll, ketik di google : jual azolla bandung ok

    ReplyDelete
  3. Mau tau info Azolla Microphylla lebih detail ?

    info pemesanan Bayu : 082378483036

    Azolla merupakan tanaman dari jenis kelompok paku-pakuan, yang sangat bermanfaat dalam dunia pertanian dan perternakan. Telah digunakan di banyak negara seperti Jepang sebagai pengganti pupuk pada padi dan India sebagai pangan buat sapi. Azolla sendiri bermanfaat juga digunakan sebagai pakan ikan lele, gurame, patin, nila, dll. serta ayam, kelinci, bebek, kambing, sapi, kerbau, dsb.. karena kandungan proteinnya yang tidak kalah tinggi dengan pakan-pakan konvensional seperti pelet buatan.

    kami disini sebagai pembibit Azolla, menyaranakan bagi para petani maupun peternak untuk mulai menggunakan azolla sebagai pupuk dan pakan alternatif. semua itu diKarenakan GRATIS! anda bisa mengembangkan Azolla anda sendiri di rumah dan pekarangan anda. Saya juga akan memberikan info-info bagi anda dalam hal menggunakan Azolla ini seperti, mengembangbiakkannya, mengubahnya menjadi pelet (membuat pelet pakan sendiri dengan mudah), sampai cara pemberian sebagai pakan alternatif.

    kami juga tidak melarang apabila anda ingin berjualan bibit azolla seperti kami, karena visi saya adalah Indonesia Hijau dan Maju karena banyak pembudidaya mulai terhimpit masalah pakan yang semakin melonjak harganya.


    * Perikanan: Efisiensi pakan ikan pabrikan hingga 30% dengan tingkat pertumbuhan yang sama.
    * Perternakan: Sebagai pengganti hijauan rumput untuk pakan ternak, terutama pada saat musim kemarau rumput sulit didapatkan.
    * Pertanian: Sebagai pupuk organik yang dapat menggantikan pupuk urea dengan tingkat hasil yang lebih bagus.



    NB: Azolla yang kami budidayakan berdaun tebal dan masih bertahan hidup dalam perjalanan/pengiriman 3 hari..
    Tolong dipastikan expedisi yg anda pilih dan estimasi pengirimannya.

    terimakasih.

    ReplyDelete

Lele Sangkuriang

muboys7's  album on Photobucket